CONTOH BAB V PENUTUP KARYA TULIS ILMIAH

|
Penutup dalam karya tulis ilmiah terdiri atas dua yaitu Kesimpulan dan Saran. Kesimpulan dan saran ini harus relevan dengan rumusan masalah yang ada pada BAB I Pendahuluan.

Mari kita liat contoh dari Bab V Penutup di bawah ini :



BAB V
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.    Dari wawancara yang dilakukan terhadap responden maka didapatkan bahwa keadaan terumbu karang di pulau Barrang Lompo tidak begitu baik karena dipengaruhi oleh beberapa faktor baik itu internal maupun eksternal.
2.    Sebagian besar masyarakat pulau Barrang Lompo menyadari akan pentingnya terumbu karang baik itu secara fisik maupun kimiawi. Namun, ada pula sebagian kecil yang tidak begitu peduli akan pentingnya terumbu karang tersebut.
3.    Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi intensitas keberadaan terumbu karang dalam suatu wilayah, baik itu dari segi temperatur, letak geografis, aktivitas manusia, hewan lain, dan sebagainya.
4.    Ada begitu banyak manfaat dari terumbu karang baik itu dari segi biologis, pariwisata maupun studi.
5.    Dari operasi hitung yang dilakukan maka didapatkan hasil bahwa eksistensi terumbu karang pulau Barrang Lompo yang tidak begitu baik memiliki korelasi yang sangat rendah terhadap prospek wisata bahari di pulau tersebut.
B.   Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka adapun saran penulis yaitu sebagai berikut:
1.    Perlu diadakan upaya pembudidayaan terumbu karang di pulau Barrang Lompo.
2.    Perlu diadakan upaya public awareness terhadap masyarakat pulau Barrang Lompo yang notabenenya cukup komprehensif terhadap upaya penyuluhan yang dilakukan selama ini.
3.    Melakukan berbagai upaya mitigasi untuk menjaga kestabilan faktor-faktor yang diperlukan untuk meningkatkan intensitas keberadaan terumbu karang.
4.    Pemanfaatan terumbu karang harus dilakukan secara selektif dan tetap mengarah kepada penggunaan sumber daya alam dengan cara ramah lingkungan.
5.    Seharusnya pulau Barrang Lompo melakukan upaya-upaya yang dapat memulihkan ekosistem terumbu karang yang ada sehingga akan memberikan dampak yang signifikan terhadap prospek wisata bahari di pulau tersebut.

     Sekian dulu dari kami, jika ada tanggapan silahkan berkomentar.
     Sumber : KTI Awal Safar.M (Koordinator Pelatihan dan Pengembangan Penulisan Karya Tulis Kelompok Peneliti SMAN 2 Tinggimoncong)
     *) Untuk bab-bab selanjutnya telah kami share diblog ini, silahkan cari!

0 komentar:

Posting Komentar

Sebutin nama yee,, kalo ngga dicubit loh!
(Pastikan Komentar Anda Telah Terkirim)