CONTOH 'PENDAHULUAN' KARYA TULIS ILMIAH

|
Karya tulis ilmiah adalah sesuatu yang tidak asing lagi bagi kita sebagai pelajar maupun orang awam. karya tulis ilmiah (KTI) sangat sering diperlombakan oleh berbagai lembaga atau instansi yang ada di negeri itu, baik itu lembaga kependidikan maupun non-pendidikan.

Nah, untuk membantu teman-teman dalam membuat karya tulis, maka kami akan berbagi sedikit demi sedikit agar nantinya kalian tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam proses penulisan.

Ini Contoh Pendahuluan sebuah Karya Tulis Ilmiah :




BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Di era globalisasi yang penuh dengan berbagai aktifitas seperti sekarang ini, terkadang membuat semua orang yang menjalani rutinitasnya mengalami kepenatan. Dengan demikian, banyak cara yang dilakukan untuk mengurangi kejenuhan tersebut. Ada yang mengunjungi berbagai mall-mall atau pusat perbelanjaan di pusat kota, puncak pegunungan atau dataran tinggi yang sejuk bahkan hingga wisata bahari yang merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan sebagai salah satu alternatif liburan.     
Terkhusus mengenai wisata bahari, saat ini sudah terjadi perkembangan dalam hal peningkatan prospek wisata itu sendiri, baik di dalam maupun di luar negeri.
Di tanah air tercinta yang merupakan Negara kepulauan maritim terbesar di dunia ini, pariwisata bahari seakan menjadi primadona dan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini disebabkan karena keindahan panorama pantai yang sangat indah dengan pasir putih hingga keemasan ketika diterpa sinar matahari sore, jernihnya air laut sepanjang mata memandang, hingga pemandangan matahari terbenam (sunset) di ufuk barat.
            Selain itu, jauh melihat ke dalam tersimpan mutiara yang amat berharga dengan segala keindahan dan pesonanya yakni terumbu karang. Ekosistem laut yang menyimpan tingkat keanekaragaman hayati tinggi ini juga memiliki peranan yang amat penting bagi kelangsungan hidup manusia, baik dari segi ekonomi, sosial, ekologi maupun dimensi global.
            Terumbu karang yang sehat merupakan rumah bagi berbagai jenis biota laut, sebagai sumber pendapatan nelayan di sekitarnya, sebagai pelindung pantai dari gemburan ombak hingga sangat potensial untuk dikembangkan menjadi pariwisata bahari.
Pengelolaan ekosistem terumbu karang yang telah berkembang di Indonesia, baik dikelola oleh pemerintah maupun swasta di antaranya; wisata laut Kapopposang Kab. Pangkep, Taman Nasional Kep. Seribu, Taman Nasional Karimunjawa, Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Taman Nasional Taka Bonerate,TN. Bunaken, TN. Wakatobi, Laut Banda, Kep. Raja Ampat dan sebagainya. Indonesia sendiri merupakan negara dengan luas terumbu karang ketiga di dunia.
Penulisan karya ilmiah ini dilakukan untuk membuktikan bahwa sudah sepatutnya para generasi muda agar tetap menjaga kelestarian dan keindahan terumbu karang, sebagai modal untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui pariwisata bahari.

B.   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas maka beberapa masalah yang dapat diidentifikasi dalam karya ilmiah ini adalah:
1.    Bagaimana eksistensi terumbu karang di pulau Barrang Lompo?
2.    Bagaimana persepsi penduduk terhadap keberadaan terumbu karang di pulau Barrang Lompo?
3.    Faktor apa saja yang mempengaruhi intensitas keberadaan terumbu karang?
4.    Apa manfaat dari terumbu karang  tersebut?
5.    Adakah pengaruh terumbu karang terhadap prospek wisatawan pulau Barrang Lompo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan?
             
C.   Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah ini, antara lain sebagai berikut:
1.    Menjelaskan eksistensi terumbu karang di pulau Barrang Lompo.
2.    Menjelaskan persepsi penduduk terhadap keberadaan terumbu karang di pulau Barrang Lompo.
3.    Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensitas keberadaan terumbu karang.
4.    Mengetahui manfaat dari terumbu karang.
5.    Mengetahui pengaruh terumbu karang terhadap prospek wisatawan pulau Barrang Lompo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

D.   Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini penulis sangat berharap dapat menjelaskan segala permasalahan yang ada. Maka adapun manfaat dari penelitian ini adalah :
1.    Secara teoritis penelitian ini diharapkan bisa menambah wawasan pembaca tentang sains.
2.    Secara praktis penelitian ini diharapkan akan memberi informasi sebagai bahan pemikiran bagi pihak-pihak yang dalam kehidupannya akan membutuhkan wisata bahari sebagai salah satu pilihan rekreasi.

E.   Metode Penelitian
Dalam penulisan karya ilmiah ini, penulis menggunakan metode penyebaran angket, wawancara, dan studi kepustakaan.
1.    Angket
Angket disebarkan kepada sampel yang telah dipilih sebelumnya sesuai dengan ketentuan.
2.    Wawancara
Wawancara dilakukan terhadap orang-orang yang berkompeten dan yang dianggap perlu.
3.    Observasi
Observasi atau pengamatan langsung dilakukan di lapangan dan mengamati setiap aktifitas dari penduduk setempat.
Selain itu peneliti juga melihat secara langsung keadaan ekosistem terumbu karang di daerah penelitian.

4.    Studi Kepustakaan
Studi kepustakaan dengan mengumpulkan beberapa referensi yang relevan. Referensi bersumber dari buku-buku maupun media internet.
Referensi yang telah didapatkan tersebut kemudian dirangkum untuk dijadikan dasar dalam penyusunan karya ilmiah ini.

F.    Hipotesis
Adapun hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut :
H0   : hipotesis sementara yang ditemukan yaitu menyatakan bahwa keberadaan terumbu karang dapat berpengaruh terhadap prospek wisatawan pulau Barrang Lompo, Sulawesi Selatan.
Ha  : menyatakan bahwa keberadaan terumbu karang dapat berpengaruh terhadap prospek wisatawan pulau Barrang Lompo Sulawesi Selatan.

Semoga bisa membantu.. :) Terima Kasih
Sumber : awal safar.m

0 komentar:

Posting Komentar

Sebutin nama yee,, kalo ngga dicubit loh!
(Pastikan Komentar Anda Telah Terkirim)