JADI MAHASISWA KEDOKTERAN ITU ENAK APA NGGA??

|
ADA ENAKNYA, BANYAKAN ENAKNYA!!!!
Pertanyaan di atas sudah lazim kita dengar di kalangan  mahasiswa fakultas kedokteran, terutama di kalangan mahasiswa baru. Kuliah di fakultas kedokteran adalah target atau cita-cita sebagian besar siswa-siswi maupun pemuda bangsa Indonesia. Entah apa yang membuat mereka tertarik dengan fakultas ini. Namun, yang pasti adalah fakultas ini masih dianggap sesuatu yang CETAR MEMBAHANA (kata syahrini hohoo))..

Pada SNMPTN tahun ini, fakultas kedokteran masih menduduki peringkat pertama jumlah peminat terbanyak. Sedangkan pada tahun 2011, Fakultas Kedokteran Unhas (Prodi Pendidikan Dokter) sendiri menduduki peringkat pertama dengan jumlah peminat lebih dari 5000 oraang padahal kursi yang ditawarkan hanyalah 115 kursi. Sungguh sebuah fakta yang mencengangkan.

Dengan melihat fakta yang terjadi, maka dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang berhasil lolos masuk fakultas kedokteran adalah orang-orang yang hebat karena telah lolos seleksii yang sangat ketat.

Aku adalah salah seorang mahasiswa baru di sebuah universitas dengan prodi pendidikan dokter. Keseharian ku semenjak mulai kuliah mengalami banyak dinamisasi yang signifikan. aku yang terbiasa santai dengan segala urusanku dan selalu mempunyai waktu untuk dapat memikirkan orang-orang di sekitarku semakin tidak bisa lagi memikirkan itu semua. Itu semua dikarenakan padatnya jadwal kuliah yang harus aku jalani.

Oh iya, mungkin agak mengherankan jika aku menceritakan bahwa pada semester satu studi ku, aku sudah sangat kewalahan dengan semua kegiatan perkuliahan. Betapa tidak, sistem pendidikan yang sedang digunakan oleh prodi pendidikan dokter unhas adalah sistem blok. Di mana pada sistem ini akan ada Sistem Biomedik 1 dan 2 di semester pertama, sistem biomedik memiliki 7 SKS sehingga cukup memberatkan mahasiswa yang pada hakikatnya masih sedang dalam proses adaptasi.

Sedikit gambaran mengenai perkuliahanku,
Pada semester satu, aku diharuskan untuk mengambil 24 SKS , dengan rincian

Pendidikan Agama Islam 3 SKS
Bahasa Indonesia 2 SKS
Bahasa Inggris 2 SKS
Sistem Biomedik 1 7 SKS
Sistem Biomedik 2 7 SKS
Public Health 2 SKS
Learning Skill 1 SKS

Sistem Biomedik memiliki 4 bagian, yaitu Bagian Anatomi, Faal, Biokimia dan Histologi..

Cerita Bersambung

5 komentar:

fardhz mengatakan...

ea tawwa kakakkk

pelajar gokil mengatakan...

kenapa ka sede??/ hhe

sky mengatakan...

selamat ya...sudah jadi mahasiswa kedokteran

Unknown mengatakan...

Duhh kayanya berat yah --"

Dokter Awal mengatakan...

Ngga berat juga kok,, setelah menjalani kuliah,, ternyata di semester 2 dan 3 lebih santai aja nih hehhe

Posting Komentar

Sebutin nama yee,, kalo ngga dicubit loh!
(Pastikan Komentar Anda Telah Terkirim)